Home / Daerah / Fraksi PKB DPRD NTT Tolak Pabrik Semen dan Tambang di Matim

Fraksi PKB DPRD NTT Tolak Pabrik Semen dan Tambang di Matim

Kupang, Korannusa.com- Rencana pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) membangun pabrik semen dan tambang di desa Satar Punda, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) mendapat penolakan dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD NTT.

Ponolakan Fraksi PKB ini dijabarkan dalam Pandangan umum fraksi terhadap ranperda Pemerintah Provinsi NTT, Rabu (3/7/2020).

“Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Menolak rencana Pembangunan Tambang dan Pembangunan Pabrik Semen di Kabupaten Manggarai Timur,” demikian PKB menulis dalam pandangan umum fraksinya.

Selain PKB, Fraksi Hanura di DPRD NTT dalam pandangan umum fraksinya juga turut meminta gubernur NTT, Viktor Bungutilu Laiskodat untuk meninjau kembali pemberian izin pembangunan pabrik semen di kampung Luwuk dan Lengko Lolok, desa Satar Punda, kecamatan Lamba Leda, kabupaten Manggarai Timur itu.

Fraksi Hanura mengemukakan 5 (lima) point pertimbangan kenapa pemerintah harus meninjau kembali rencana pembangunan pabrik semen tersebut.

Salah satu point yang disebut itu adalah bahwa kawasan kampung Lengko Lolok dan Luwuk merupakan kawasan yang tidak boleh dieksploitasi berdasarkan surat keputusan kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.*