Home / Daerah / Pasien Positif Covid-19 di NTT Bertambah Jadi 18 Orang

Pasien Positif Covid-19 di NTT Bertambah Jadi 18 Orang

Kupang, KoranNusa.Com- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengkonfirmasi jumlah kasus positif Virus Corona atau Covid-19 di wilayah itu mencapai 18 orang hingga senin (12/5/2020).

Pasien Positif Corona di NTT bertambah dua orang setelah sebelumnya dilaporkan terdapat 16 orang yang dinyatakan positif terpapar virus yang pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada Desember 2019 itu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dominikus Minggu Mere mengatakan, dua pasien baru itu adalah warga asal kabupaten Rote Ndao.

Menurut Domi, satu dari pasien itu diketahui positif Corona setelah melalui uji swab laboratorium di rumah sakit Prof dr WZ Johanes Kupang.

“Kami laporkan bahwa berdasarkan penyampaian dari RSUD Yohanes Kupang, hasil pemerikaan swab yang sudah dilakukan sampai saat ini ada satu positif Covid-19 berasal dari RSU Baa, kabupaten Rote Nado,” kata Domi.

Sedangkan satu pasien lainnya, kata Domi Mere, merupakan pasien yang hasil swabya diuji pada laboratorium di Jakarta dan dinyatakan positif.

“Karena itu terdapat dua orang positif asal Kabupaten Rote Ndao hari ini,” Ujar Domi Mere.

 

Telusur Setiap Orang yang Kontak Langsung dengan Pasien

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda Provinsi NTT yang juga merupakan Juru Bicara Gugus Tugas percepatan penanganan Virus Corona, Marius Ardu Jelamu menghimbau pemerintah kabupaten Rote Ndao agar segera melakukan penelusuran terhadap setiap oarang yang telah melakukan kontak langsung dengan kedua pasein yang baru dinyatakan positif Corona dari kabupaten itu.

Menurut Marius, hal itu penting dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan wabah Corona atau Covid-19 secara luas di kabupaten Rote Ndao.

“Pemerintah Kabupaten Rote Ndao agar segera mungkin untuk melakukan penelususran teradap seluruh anggota keluarga dan siapapun yang sudah kontak langsung dengan pasien,” ujar Marius.*