Home / Daerah / Esok Laboratorium Covid-19 di NTT Lakukan Uji Swab Perdana

Esok Laboratorium Covid-19 di NTT Lakukan Uji Swab Perdana

Kupang, KoranNusa.Com- Pemerintah Provinsi  Nusa Tenggara Timur (NTT) akan melakukan pelayanan perdana uji swab laboratorium pasien Corona atau Covid-19 di rumah sakit Prof dr WZ Johanes Kupang, esok, 7 Mei 2020. Langkah ini akan mempercepat informasi penanganan Virus yang pertama kali muncul di kota Wuhan, China itu.

Hal itu diumumkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Domi Mere di Kupang, Rabu (6/5/2020).

Menurut dokter Domi Mere, pembukaan laboratorium itu akan dilakukan langsung oleh Gubernur NTT, Viktor Bungutilu Laiskodat.

“Untuk mempercepat infromasi penanganan Virus Corona, esok akan dilakukan pembukan pelayanan pemeriksaan swab test di RSUD prof dr WZ Johanes Kupang, yang nantinya akan ditinjau secara langsung oleh bapak gubernur NTT,” kata Domi Mere.

Domi mengatakan berbagai bentuk persiapan telah dilakukan pemerintah NTT guna kelancaran pemeriksaan swab pasien Corona. “Termasuk tinjauan bapak Wakil Gubernur dan Sekda NTT,” katanya.

 

Swab dari Kabupaten/Kota Akan Diangkut Menggunakan Pesawat Khusus

Gubernur Viktor Laiskodat, kata Domi Mere, telah mengambil kebijakan agar segala Swab pasien Corona dari seluruh wilayah di NTT segera dikirim ke RSUD prof dr WZ Johanes menggunakan pesawat yang telah disiapkan.

“Bapak gubernur sudah ambil kebijakan agar supaya hasil-hasil swab yang sudah diambil oleh rekan-rekan kita di kabupaten agar segera dikirim menggunakan pesawat yang telah dipersiapkan,” ungkap Domi.

 

Pasien Positif Covid-19 Bertambah

Sementara itu, Jumlah kasus positif Virus Corona di Provinsi NTT bertambah menjadi 12 kasus setelah sebelumnya terdapat 11 orang dinyatakan positif terpapar.

Penambahan 1 pasien Corana itu diketahui berasal dari klaster Kapal Laambelu dan saat ini tengah diisolasi di Larantuka, Kabupaten Flores Timur.

Dari total 12 Kasus tersebut, 1 orang pasien telah dinyatakan sembuh setelah melakukan uji swab kedua di Puslitbang Kemenkes RI.*